Air Memberi Contoh

Terkadang sempat terpikir, jika saja alam dapat berbicara seperti bahasa yang dimiliki manusia. Tentu manusia dan alam dapat berkomunikasi seperti komunikasi manusia dan manusia. Renungan-renungan ini biasanya muncul saat sedang sendiri dan terlebih sedang berjalan kaki. 

Air. Benda atau zat cair ini setiap hari berinteraksi dengan kita. Dipergunakan untuk mandi, menyiram bunga, minum, bersih-bersih dan banyak hal lain. Terbayang jikalau air ini seperti manusia. Tentu akan sering terjadi konflik. 

Bagaimana bisa? Mengapa tidak. Setiap hari kita gunakan air untuk mandi, membersihkan tubuh. Tentunya menggunakan air yang bersih. Air yang bersih digunakan untuk membersihkan tubuh kita yang kotor. Air disiramkan ke tubuh, setelah itu ia mengalir ke bawah dan berujung di . . . .

Kita mengambil manfaat darinya, dan sebenarnya tidak ada untung sedikitpun yang air ambil dari kita manusia. Hanya kita yang mengambil untung darinya. Setelah dipakai, kita lupakan dia begitu saja. Adakah pernah mengucap TERIMA KASIH terhadapnya? 

Nah, mungkin memang air diciptakan untuk itu. Untuk dimanfaatkan. Susah juga saat akan menggunakannya kita mesti minta kesediaannya, dan setelahnya berucap TERIMA KASIH. Lah, air tidak dapat berbicara juga. Namun setidaknya kita bisa mengambil pelajaran dari Air. Ia dengan ikhlas memberikan manfaat pada manusia, walaupun manusianya tidak berucap terima kasih. Ia tidak pernah sekalipun meminta imbalan atas apa yang telah diberikannya pada manusia. Dan ia juga tidak pernah meminta pertanggungjawaban dari manusia yang telah menjadikannya kotor dari yang semula bersih. 

Semoga kita bisa mengambil hikmah dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. 😀

#AlamTakambangJadiGuru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s