Bukan Sepele

Memang hal ini sudah menjadi biasa, karena sering terjadi dan mudah ditemui. Namun rasanya perlu juga untuk dikaji betapa kejam dan mirisnya hidup ini. Bukan menyalahkan siapa-siapa atas ini. Berkaca dari diri sendiri yang tampaknya juga kurang dengan sekitarnya.

Pengemis. Sering ditemukan sehari-hari apalagi di kota-kota besar. Ini masalah. Dan akan lebih masalah lagi jika yang mengemis adalah anak-anak. Baik pun itu terdesak atau tidak. Dapatkah itu menjadi gambaran ?

Mungkin juga tidak. Ah, yang jelas di negara sekaya ini, kaya juga dengan pengemis. Tidak bisa dipungkiri, ketidaksetaraan semakin jelas.

Di saat anak-anak seusianya semestinya bersekolah, ia duduk di emperan toko, atau kadang di tepi jalan atau juga kadang duduk di depan mini market. Miris. Iba. tapi bisa berbuat apa ?

Memberikan sejumlah uang tampaknya tidak akan menyelesaikan masalah. Itu hanya menyelesaikan masalah jangka pendek bagaimana dengan jangka panjangnya? Bagaimana masa depan mereka ?

Benar itu tanggung jawab negara dan malahan telah ada di UUD, namun tak hanya akan menjadi tanggung jawab negara, di saat kita merasa bersaudara.

Ini bukan masalah sepele, ini butuh penanganan cepat bertahap. Mereka generasi Bangsa. Yang juga berhak merasakan hal yang sama dengan kita. Yang mungkin dapat dikatakan lebih beruntung dari mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s