Mengenang Saja

Sampai saat ini, saat itu masih menjadi Ramadhan teramai (indah) rasanya. Menikmati, sangat menikmati suasananya. Ketenangan, kesyahduan, kebersamaan, dan cinta. Masih berempat. Masih berempat saat itu, sembilan tahun yang lalu. Cepat saja waktu ini berjalan. Ah, (sangat) ingin kembali lagi.

Disertai oleh ‘agenda Ramadhan’ di tangan yang terasa sangat enteng tiap malamnya, melewati gelapnya jalan kiri kanan yang ditumbuhi rerumpunan bambu. Siapa yang berdiri paling belakang mengarahkan senter ke depan untuk penerang jalan. Satu kelompok, dua kelompok hingga beberapa kelompok dari satu arah rumah. Seeraam berubah jadi menyenangkan, jalan-jalan malam. Jalan yang lumayan jauh terasa singkat sesambil berbincang.

Masjid yang satu ini, Masjid Baiturrahman, rasanya selama Ramadhan tiap malamnya selalu seperti malam pertama Ramadhan. Ramai, rami. Bahkan H-1 Idul Fitri. Hadiah istimewa jika bisa berada di syaf pertama, bersampingan dengan beliau-beliau yang kusyuk baik mudi ataupun orang tua. Yang akan sangat tidak suka jikalau ada anak-anak yang meribut saat shalat ataupun ceramah di mulai. Apalagi nanti saat ceramah, hijab disingkap dan bisa melihat penceramah dengan jelas, berikut pembawaannya.  Sambil mengamati sambil mencatat. Tenang, kalau ada yang lupa bertanyalah pada tetangga kiri kanan.

Rata-rata selesai sekitar jam setengah sepuluh. Bertambah senang lagi, karena di simpang dekat masjid ada beberapa penjual makanan seperti sate, pangsit, gorengan. Hadiah bertambah lengkap jadinya, setelah mengisi tenaga untuk kemudian menempuh jalan mendaki untuk pulang. Lebaay.

Sekarang?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s