Mereka Keren!

Sempat terlintas, “apa istimewanya jalan ini?”. Melihat sebuah profesi atau karir seseorang yang acap kali memaksa untuk merasa kecil. Menyukai mereka melebihi profesi yang diimpi-impikan, guru. Sekali lagi, menyukai mereka, tempat mereka dan juga kata kerja itu. Bagi mata ini, mereka mempunyai lebih banyak kelebihan. Mempunyai banyak kenalan, banyak soft skill, banyak pengetahuan, lebih fleksibel, dan lebih-lebih yang lain (hahaha). Diam-diam juga menyelipkannya ke dalam cita-cita.

Tidak dijadwal, melainkan menjadwal. Tidak diatur, melainkan mengatur. Bebas, flesksibel, itu intinya. Butuh kemauan dan kegigihan yang kuat untuk bisa menjadi mereka. Sebab semua tergantung mereka. Mau bangun saban hari, boleh. Mau bangun saat matahari sudah meninggipun juga tidak ada yang larang, tidak ada yang rugi. Belajar bangun lagi saat terjatuh atau bertahan dalam keadaan terjatuh, sah sah saja. Berdiam di satu tempat, berpindah-pindah atau berada di lebih dari satu tempat, no problemo. Menutup diri atau membuka diri. Melibatkan berbagai ilmu seperti agama, akuntansi, matematika, psikologi, manajemen, ekonomi, arsitektur, politik atau hanya menggunakan satu sudut pandang, juga boleh. Tidak ada aturan. Tasarah.

(Lagi) Menyukai mereka, tempat mereka dan juga kata kerja itu. Pedagang, pasa, manggaleh. Suatu profesi yang ditemui atau bertemu dengan banyak profesi lainnya. Siapa yang tidak ke pasar? badagangHanya dapat dirasa oleh yang merasa. Akan lebih tergambarkan, jika mereka yang mengambarkan. Namun yang jelas, tiga kata itu adalah tiga dari sekian banyak kata-kata keren. Mereka bereksperimen dengan banyak hal hingga akhirnya mempunyai gaya manggalehnya. Lagi, sebagai anak dari seorang pedagang, barangkali banyak efek samping yang terciprat. Di antaranya kefleksibilitasan dan keterampilan bersosialisasi. Walaupun tentu, masih banyak  lagi faktor yang mempengaruhinya. Sungguh, di mata ini profesi manggaleh itu keren! (Tanpa mengenyampingkan profesi lain)pasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s