Kareh Ati (!)

Adakalanya saat hati tidak bisa meyakini, memahami atau hanya menerima. Bahkan untuk hal-hal yang sebetulnya sederhana. Semisal kenapa harus mengira-ngira (maagak-agak i) volume radio. Karena tetangga di sebelah mempunyai bayi yang kemungkinan besar akan terganggu dengan suara keras. Atau bagi yang anak kos mungkin tetangga sebelah kamar sedang belajar. Intinya tenggang rasa. Namun untuk beberapa orang hal sederhana ini tak mudah untuk dipahami, dak masuak dek nyo do.

Dikeseharian barangkali ada ditemui orang-orang yang tidak bisa menerima hal yang benar sekalipun ia berada pada lingkungan orang-orang yang membenarkan bahkan meyakini itu. Atau boleh jadi (saya) diri sendiri. Orang-orang yang walaupun mempunyai pengetahuan yang cukup atas sesuatu yang benar, namun tetap tidak mudah baginya untuk menerima, memahami dan meyakini. Sesuatu yang benar maksudku adalah sesuatu yang benar menurut hati nurani bukan hati yang berkilah. Sesuatu yang benar maksudku adalah sesuatu yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sesuatu yang benar maksudku adalah yang bersumber dari sesuatu yang mahabenar pula.

Itu sesuatu yang lumrah menurutku. Tidak bisa menerima apalagi meyakini sesuatu yang benar, lumrah menurutku. Bukankah itu bisa terjadi saat kita tak mempunyai pengetahuannya terhadapnya? Atau jika telah mengetahui, kita hidup di lingkaran orang-orang yang tidak memahaminya. Kedua kondisi itu bisa diatasi dengan ilmu, kita yang datang mencari, kita yang berusaha mengerti atau usaha lain yang sesuai dengan masing-masing kita. Namun, saat berada di kondisi memiliki pengetahuan atasnya, dikelilingi orang yang meyakini hal tersebut, lalu apa halangannya? Bisa jadi halangannya adalah kerasnya hati. Kareh ati! Bisa jadi juga di sana terselip secuil kesombongan, hingga menutup penglihatan. Lalu bagaimana dengan itu? Mugkin benarlah kata orang tua-tua, “Kalau ka mamasuakan ayam ka kandang, kaluan musangnyo dulu” (“Kalau ingin memasukan ayam ke kandang, keluarkan musangnya dulu”). Kau paham maksudnya wahai hati?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s