Wahai Hati, Simpan Namanya

Dia itu pasti. Sesuatu yang tak terlihat namun memadati pikiran. Tidak bisa terucap jabaran rasa saat dia datang, namun bisa diperkirakan saat melihat dia datang pada yang lain. Dia suatu keniscayaan. Pasti akan menyapa siapapun tepat pada waktunya. Takut. Adalah sebagian besar kita terhadapnya. Menanti, ya barangkali sebagian kecil. Bagaimana tidak akan takut jika hanya dengan memikirkannya membuat ngeri? Bagaimana tidak akan takut jika hanya dengan memikirkannya terkadang kita turut mempertanyakan tujuan, jalan, akhir? Lalu muncul pertanyaan, “Bagaimana denganku nanti?”.

Dia suatu yang pasti. Pantas untuk ditakuti namun juga pantas untuk dinanti. Terlepas dari bagaimana penyikapan terhadapnya, ia pasti datang pada waktunya. Hanya masalah waktu. Selagi waktu itu belum datang, bertanyalah pada hati wahai diri, “Apa yang sudah ku lakukan untuk menghadapimu?”. Mungkin itulah salah satunya mengapa seorang yang mulia itu berpesan agar seringlah mengingat suatu yang pasti itu. Dia bisa menjadi pengingat yang sangat baik akan persiapan. Dia bisa menjadi pengingat tak terlihat akan hakikat penciptaan. Saat memikirkannya, akan terbedalah dalam diam yang sangat rahasia mana yang baik dan buruk, mana yang pantas dan tidak, mana yang menguntungkan dan sia-sia dari apa-apa yang dilakukan.

Wahai hati, engkau mungkin tahu siapa dia. Simpanlah namanya. Ingat dia, jikalau mulai lupa dengan hakikat hidup. Dia bukan untuk ditakuti sedemikian seramnya hingga membuat tak bisa bernapas. Dia sebuah kepastian yang sekarang tampak tanpa kepastian. Itulah mengapa sebelum dia menjadi kepastian, jangan lupakan dia dan berbenahlah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s