Sebagai Ungkapan Terima Kasih

Ada orang yang hanya dengan mendengar nama bisa membuatmu merasakan sesuatu. Ada juga orang yang karena melihat walau tak mengenalnya, membuatmu merasa demikian. Ada yang karena benda-benda orang itu, jejak-jejaknya, orang yang berada di lingkungannya. Ringkasnya, apapun yang berhubungan dengannya atau sebenanrnya apapun yang kamu hubung-hubungkan dengannya. Jika yang dirasakan itu adalah hal tidak baik yang menyebabkan hal yang juga tidak baik, maka tentu ada yang tidak baik di sana. boleh jadi di kamu atau sesuatu pada orang itu. Periksalah, lalu jika bisa kamu boleh membuang dan menjauhinya.

Namun jika yang dirasakan itu adalah hal tidak baik yang menyebabkan hal baik ataupun hal baik yang juga menyebabkan hal baik, maka tentu ada yang baik di sana. juga boleh jadi di kamu atau sesuatu pada orang itu. Periksalah, renungi lalu jika bisa kamu boleh menyimpan, mempertahankan dan mendekatinya.

Sebenarnya keduanya adalah sarana belajar untukmu. Namun bagaimana jika hanya pada keadaan kedua kamu baru mengalami proses belajar? Sebagai seorang manusia yang harus dan sudah semestinya mengambil, melakukan apa-apa yang bermanfaat bagi dirinya dan membuang menjauhi apa-apa yang tak bermanfaat bagi dirinya, keadaan pertama tentu akan kamu jauhi.

Jika itu keadaan yang kedua, sudah sepatutnya kita bersyukur bukan? Tidak semua hal baik berasal dari hasil usaha diri sendiri, melainkan banyak juga hal baik yang dirasakan lewat perantara orang lain. jadi jika ada orang yang bisa membuatmu (selalu) belajar, menyebabkan hal-hal baik padamu yang entah itu dalam kaca matamu dia orang baik atau tidak, teruslah belajar darinya dan mendoakan kebaikan untuknya sebagai ungkapan terima kasih atas apa yang diperoleh dengan perantara dia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s