Siapa Kita Hingga Harus Didengarkan?

Ada kalanya, atau lebih tepatnya sering kalanya ucapan kita tidak didengar. Jangankan akan dilakukan, dipertimbangkan, didengarkan saja tidak. Ucapan yang seperti apa? Ya, dimulai dari yang sederhana-sederhana saja hingga berangsur berat. Mulai dari ,”Banyak-banyak minum air putih”, pada adik. “Rajin-rajin membaca”, nasihat guru pada murid, “Pabanyak zikir”, pesan guru pada muridnya di lain waktu. “Jan batandang ka batandang juo”, nasihat suami pada istrinya. Ada lagi kutipan-kutipan yang ingin ditambahkan?

Bosanlah, beratlah, muaklah jika telah berulang kali menasihati tidak kunjung ada perubahan, tidak kunjung dilaksanakan. Marah. Lalu tak sengaja muncul pertanyaan ini, “Siapa kita hingga harus didengarkan?”. Akan menjawablah kita (juga), “Ibunya/ayahnya, gurunya/kakaknya/temannya/suaminya/istrinya/lain sebagai lain sebagai”. Jangankan kita sebagai ini itu, sedangkan Nabi kadang juga tak dihiraukan. Jangankan kita sebagai ini itu, sedangkan Tuhan kadang juga tak didengarkan. Lalu? Aku menyamakan ini dengan apa yang Nabi dan Tuhan sampaikan? Jelas tidak. Sama dengan kalimat ini, “Jangankan lurah, Presiden saja tak ia dengar”. Nah begitu.

Processed with VSCO with p5 preset

Lalu pada akhirnya, sampaikanlah jika sesuatu harus disampaikan. Jangan berhenti menasihati hanya karena tidak didengarkan. Menyampaikan yang baik bukan untuk didengarkan, bukan untuk memaksa orang berubah, bukan untuk memastikan dilaksanakan. Namun menyampaikan yang baik dengan niatan Lillah. Entah akan didengar atau tidak, dijalankan atau tidak, bukan kewajiban kita. Tugas kita menyampaikan. Oh, perkara ia sadar, perkara ia paham bukan tanggungan manusia. Jadi mulai ini ke depan jangan lagi kecewa jika tak didengarkan. Jangan lagi berhenti. Karena jika kamu kecewa dan berhenti wahai diri, berarti ada yang terkilir dengan niatmu menyampaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s