Kesalahpahaman yang Merusak

Aku tahu kita tidak baik-baik saja meski kadang terlihat demikian atau setidaknya mengusahakan. Aku yakin kita tidak baik-baik saja meski kadang selalu terus dikaburkan. Aku tahu kamu tahu bahwa kita tidak baik-baik saja. Terlalu banyak kesalahpahaman yang seolah tidak apa untuk tidak dibicarakan lagi, untuk tidak diperjelas untuk tidak menjadi kesalahpahaman lagi. Kita saling menerka bahwa dengan mendiamkan semua akan perlahan membaik, terlupakan. Meski kita pun tahu sewaktu-waktu ia akan muncul menjadi kobaran nyala pedih yang menyambar ke mana-mana.

Hati kita tak bersih, aku pun tahu itu terlebih punyaku. Itu sebabnya saat masing-masing mencoba mendekat, masing yang lain terluka entah karena apa. Entah berniat melukai atau tidak, kita akan selalu melukai satu sama lain. Sedemikian salahnya kesalahpahaman yang dibiarkan.

Kesalahpahaman itulah salah satu yang membuat kita jauh meski dekat secara fisik. Bagaimanapun mencoba, semanis apapun tutur dan sikap tetap saja terasa tak pas, tak benar-benar berkesan ke dalam. Sesabar apapun kita terhadap satu sama lain, tetap ada kemarahan yang entah dari celah mana datangnya. Sejujur-jujurnya kita satu sama lain, tetap ada curiga yang terlihat nyata di mata dan tak bisa masing-masing pura-pura tak lihat. Seperti itu, serusak itu kita karena kesalahpahaman yang didiamkan.

Sekali waktu, mungkin di sekali waktu nanti aku akan biarkan kita terluka berdarah-darah, menangis hingga tidak ada lagi air yang dapat keluar. Mengurai benang kusut yang telah sekian lama dibiarkan bahkan ditambah kusutnya. Bagaimana tidak saat kusut yang satu menyebabkan kusut yang lain. Jika saat itu tiba, kita mungkin akan saling menjauh untuk beberapa lama. Jika saat itu tiba, kita mungkin tak bertegus sapa beberapa lama. Jika saat itu tiba, kita mungkin tak saling mengunjungi untuk beberapa waktu. Namun InsyaaAllah pasti kita akan selalu mendoakan, jika saat itu tiba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s