Teladan Terbaik

Membayangkannya saja sudah membuat perutku ngilu. Bukan, tentu bukan wajah atau fisiknya. Lebih ke pada rasa yang mungkin saja dirasakan saat dia ada di hidupku dan dapat dijangkau. Mendengarkan kata-kata penuh hikmahnya, bahkan mungkin nyaris tak ada yang sia-sia bahkan dalam canda dan marahnya. Melihat menyaksikan bagaimana ia menjalani kehidupan dengan berbagai perannya. Ingin bertanya langsung ini dan itu tiap terbersit keraguan yang aku yakin akan terobati dengan nasihat-nasihat tepat sasarannya. Membayangkan hal-hal seperti itu yang membuatku rindu, ingin sekali bertemu. Bagaimanakah rasanya? Entahlah.

Nikmat tak terkira bagi semesta alam ini atas lahirnya seorang mulia sepertinya. Menjadi suluah di tengah gelapnya pengetahuan dan kebatinan, hingga sekarang meski telah tiada. Namun yang ditinggalkannya dapat, masih dapat dan selalu akan dapat menjadi pedoman untuk kita menjalani kehidupan dengan bebagai peran yang dimiliki. Suri tauladan terbaik yang sedapat mungkin diteladani. Jika tidak semua, maka sebagian. Jika tidak Sebagian, maka sedikitpun tak apa. Namun diupayakan.

Bukan mengkaji bagaimana memperingati atau merayakan hari kelahiran ataupun kematiannya. Bukan itu, sungguh bukan. Lebih ke pada menghargai jasa, mewujudkan rasa cinta padanya dan meneruskan suluahnya agar tetap dapat menerangi. Mendoakannya, dengan bershalawat padanya. Menjalankan sunnahnya sebagai wujud rasa cinta. Mempelajari suluahnya pun menjadi suluah pula bagi sekitar, yang jika tak mampu maka aplikasikan yang dipelajari pada diri sendiri saja pun sudah sangat baik.

ا للهم صل على محمد و على ا ل محمد و با ر ك على محمد صليت و على  ل محمد كما على ا بر ا هيم و على  ل ا بر ا هيم ا نك حميد مجيد

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s