Nama yang Baik

Mengagumkan sungguh saat sebuah nama dapat membuatmu senyum-senyum seharian. Di waktu lain, masih sebuah nama namun membuatmu sedih. Sebuah nama juga dapat membuatmu seketika merasa tak berharga. Dan sebuah nama juga kadang yang membuatmu merasakan emosi-emosi lain.

Sekali waktu ada yang bertanya, “Kamu siapa namanya?”. Dijawab dan tanya balik namun dia jawab, “Apalah arti sebuah nama”. Please!

Seketika setelah tahu bahwa nama mempunyai makna, langsung ku cari tahu makna namaku. Masih ingat sekali, waktu itu berseragam putih merah. Katanya, nama itu doa orang tua untuk anaknya. InsyaaAllah dan semoga ter-aminkan semesta. Semakin tumbuh, semakin banyak nama-nama unik dan indah diketemukan. Terkadang ada yang ketika ditanya apa arti namanya, “Ntahlah”, “Dulu pas hamil, ibuku nonton worldcup dan suka banget sama pemain yang namanya itu”. Tak jarang juga ada yang dapat menjawab dengan ‘dalam’ makna namanya. Aku suka saat mendengar dan melihat seseorang sangat menghayati dirinya, walau hanya sebuah nama. Terasa itu bukan sesuatu yang sepele walau memang sesuatu yang sederhana.

Saat menulis ini, teringat banyak dari kawan-kawan yang telah menikah bahkan mungkin memiliki buah hati. Setiap orang tua pasti berharap dan berupaya yang terbaik baginya. Bukankah demikian? Dan ternyata memberikan nama yang baik adalah salah satu kewajiban orang tua pada anaknya. Nama yang baik yang akan dibawanya sepanjang hayat, bahkan ia akan diingat dengan nama itu kelak saat telah tiada pun. Tak peduli nama dari bahasa apapun, asalkan maknanya baik, indah dan tidak bertentangan dengan adab pemberian nama. Yang dalam agamaku ada adab pemberian nama ini semisal tidak boleh menggunakan nama-nama berhala.

Teringat juga saat sekolah tanpa sadar mungkin menyakiti hati teman-teman dengan memanggilnya dengan panggilan yang sebenarnya tidak baik tapi telah menjadi candaan dan lumrah memanggilnya dengan itu. Perlu banyak belajar lagi agar tidak melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain bahkan tanpa sengaja dilakukan.

Terkait nama juga, diperbolehkan untuk mengganti nama jika diketahui bermakna tidak baik. Sebagaimana kita dapati kisah sahabat-sahabat yang diganti namanya sebab bermakna tidak baik.

Lalu, siapakah namamu? Lalu apakah maknanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s